Perbedaan HTTP dan HTTPS Lengkap

Perbedaan HTTP dan HTTPS

JENDELATEKNOLOGI.COM – Perbedaan HTTP dan HTTPS akan kami bahas lengkap mulai dari pengertian, perbedaan, dan keuntungan menggunakan HTTPS.

Mungkin Anda sering membaca atau mendengar jika menggunakan HTTPS adalah salah satu penentu rangking website.

Berdasarkan data SSL Labs, pada bulan Februari 2018, terdapat 65.5% website populer yang telah menggunakan HTTPS dari total 135.004 website.

Selain dari sisi SEO, sebenarnya ada keuntungan lain jika Anda menggunakan HTTPS pada website, seperti pembahasan pada artikel ini.

Apa Itu HTTP dan HTTPS?

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) merupakan sebuah protokol jaringan aplikasi yang berfungsi untuk mendistribusikan informasi antara server dengan clientServer adalah jenis web server dengan bentuk fisik jaringan komputer yang memiliki kapasitas penyimpanan data berskala besar. Selanjutnya yang berperan sebagai client adalah web browser yang dapat mengakses, menerima hingga menampilkan konten web melalui browser. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang server dan client Anda bisa membaca artikel tentang Pengertian Server dan Client, Serta Perbedaannya.

Sedangkan Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) merupakan hasil pengembangan dari versi HTTP sebelumnya, HTTPS memiliki fungsi keamanan yang lebih ketat sehingga membuat client merasa aman dalam mengakses berbagai konten web. Protokol https ini dikembangkan langsung oleh perusahaan berbasis IT Netscape Communication Corp.

Loading...

Fase pembentukan protokol ini mengalami sejarah yang sangat panjang. Pada tahun 1990 HTTP mulai dipergunakan dalam “WWW”. Pada versi awalnya, HTTP hanya memiliki kemampuan transfer dokumen secara mentah. Maksud mentah tersebut adalah dokumen yang dikirim hanya berupa isi dokumen tanpa memandang jenis dokumen tersebut. Hingga pada tahun 1999 HTTP berkembang menjadi versi 1.1 dengan kemampuannya dalam mengakomodasi proxycache serta koneksi yang sanggup persisten.

Lalu, apakah Anda sudah mengatahui perbedaan dari HTTP dan HTTPS? Jika belum, yuk simak penjelasan berikut ini.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Jika Anda pernah berbelanja online, di bagian nama domain akan terlihat gembok berwarna hijau dan tulisan https sebelum nama domain.

Apakah Anda pernah bertanya-tanya mengenai fungsinya?

Ini akan berguna untuk melindungi informasi Anda, sehingga tidak ada seorang pun dapat mengetahui isi informasi tersebut.

Loading...

Contohnya ketika Anda melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit ketika berbelanja online, data dari kartu kredit Anda akan sulit terbaca oleh pihak ketiga.

Berbeda hal nya jika website yang Anda gunakan untuk melakukan transaksi masih menggunakan http, maka data Anda akan sangat rawan untuk disalahgunakan. Berikut penjelasan lengkap mengenai perbedaan http dengan https yang wajib Anda ketahui.

HTTP

HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol. Merupakan sebuah protokol yang berguna untuk komunikasi antara sistem yang berbeda. Biasanya lebih sering digunakan untuk mengirimkan data dari web server ke browser untuk menampilkan halaman website. Ini dapat Anda temukan ketika Anda mengakses website yang letaknya diawal nama domain.

Tapi ada masalah jika website Anda menggunakan HTTP. Karena data yang dikirimkan dari browser menuju server tidak di enkripsi, sehingga pihak lain dapat menyalahgunakannya.

Lalu, bagaimana solusinya?

Loading...

Untuk mengatasi hal tersebut dapat menggunakan versi yang lebih aman yaitu HTTPS, dimana S mewakili kata secure, yang artinya aman.

HTTPS

HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Dapat Anda temukan ketika mengunjungi sebuah website yang memiliki fitur untuk melakukan transaksi pembayaran atau fasilitas untuk login.

Perbedaan HTTP dan HTTPS akan terlihat ketika Anda mengakses situs HTTP, kebanyakan website yang menggunakan HTTPS akan otomatis melakukan redirect ke HTTPS ketika diakses melalui HTTP://.

Sebagai contohnya, silakan akses alamat berikut http://www.jendelateknologi.com. Maka akan otomatis menjadi https seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

HTTPS juga menggunakan TCP (Transmission Control Protocol) ketika akan mengirim dan menerima data melalui port 443 dengan koneksi yang terenkripsi oleh SSL/TLS (Transport Layer Security).

Loading...

Cara Kerja HTTPS

Perbedaan HTTP dan HTTPS juga terlihat ketika Anda mengunjungi sebuah website dengan HTTPS, maka browser akan melakukan pengecekan apakah website tersebut terhubung dengan sertifikat SSL/TLS. Jika terhubung akan terjadi yang namanya SSL handshake.

Browser akan melakukan validasi dari sertifikat SSL dan memastikan website tersebut benar-benar valid. Selama proses SSL handshake, untuk public key dan private key akan melakukan enkripsi dan dekripsi.

Apabila sertifikat valid, session key akan dibuat oleh klien dan server. Setelah itu koneksi melalui internet sudah dalam kondisi aman dengan adanya tanda gembok berwarna hijau dan HTTPS sebelum nama domain.

Keuntungan Menggunakan HTTPS

Selain perbedaan HTTP dan HTTPS yang sudah kita jelaskan,  perbedaan utamanya terdapat pada keuntungannya. Ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan HTTPS untuk website.

Untuk SEO

Seperti yang Google umumkan pada tahun 2014 jika HTTPS menjadi salah satu faktor penentu rangking sebuah website. Meskipun demikian, rangking website Anda tidak akan berubah secara signifikan jika mengubah ke HTTPS.

Loading...

Tapi hal tersebut adalah untuk efek jangka panjang mengenai user experience dan membangun kepercayaan pelanggan kedepannya. Sehingga untuk berpindah dari HTTP ke HTTPS adalah hal yang perlu untuk kita lakukan bagi pemilik website.

Mungkin Anda pernah melihat pesan “not secure” ketika mengunjungi sebuah halaman pada website ketika akan login atau memasukkan data tertentu. Biasanya apa yang akan Anda lakukan? Kemungkinan besar beralih ke website lainnya. Akibatnya pengunjung Anda akan berkurang, dan berakibat menurunnya rangking website Anda.

Tidak menutup kemungkinan hal tersebut akan dilakukan pengunjung website Anda ketika melihat pesan “not secure” di browser.

Untuk Pengguna

Saat ini pengguna internet memiliki hak privasi, terutama ketika mereka mengunjungi sebuah website. Dengan menggunakan HTTPS, data pengunjung akan lebih aman ketika mereka berinteraksi melalui website Anda, seperti menginputkan data berupa password atau lainnya.

Komunikasi browser ke server dan server ke server akan dienkripsi, sehingga data user yang dikirimkan akan lebih aman. Tingkat kepercayaan pengunjung akan meningkat dan pada akhirnya memperbesar peluang konversi pada website Anda.

Loading...

Menggunakan HTTPS saat ini adalah hal yang penting, meskipun website Anda tidak menangani komunikasi yang sifatnya sensitif. Selain dapat melindungi informasi data user dan website, HTTPS juga dibutuhkan untuk fitur baru aplikasi web progresif.

Cara Memasang SSL Secara Gratis

Untuk memasang SSL pada website, saat ini bisa Anda dapatkan secara gratis hampir di semua layanan web hosting yang ada. Untuk dapat memasang SSL secara gratis silahkan ikuti cara berikut ini.

  1. Silahkan Anda login terlebih dahulu ke cPanel.
    Perbedaan HTTP dan HTTPS
  2. Kemudian pada bagian SECURITY pilih menu SSL/TLS Status seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.
    Perbedaan HTTP dan HTTPS
  3. Silahkan pilih / centang domain yang ingin dipasang SSL, lalu klik Run AutoSSL.
    Perbedaan HTTP dan HTTPS
  4. Silakan tunggu dalam beberapa saat supaya domain Anda dapat diakses melalui https.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *